Android, Reviews, Technology

Advan i5E Classy Gold 2, Kualitas yang Dapat Diandalkan

Advan i5E Classy Gold 2, Kualitas yang Dapat Diandalkan

Harus diakui bahwa tidak banyak produk lokal yang saya suka, dalam lingkup gadget/gawai. Biasanya salah satu masalah utama adalah pada kesan pertama yang tidak mempesona. Tapi, hal ini tidak terjadi pada Advan i5E Classy Gold 2.

Kalau saya perhatikan, handphone yang pas dipakai untuk tangan orang Indonesia adalah yang memiliki ukuran 5 inchi. Hal ini dikarenakan tangan kita memiliki ukuran relatif lebih kecil dibandingkan dengan tangan orang Amerika atau Eropa. Hal inilah yang menjadikan Advan i5E ini menjadi sesuatu yang menarik dan menggoda untuk diicip-icip. Ukurannya pas.

Advan i5E Classy Gold 2

Selain ukuran, hal lain yang juga menjadi daya tarik adalah desainnya. Dengan desain yang rapi, sederhana namun elegan menjadikannya tidak nampak norak atau ketinggalan jaman. Pokoknya, begitu lihat pertama pasti terpesona. Nah, hal lain yang juga menarik adalah kualitas bodi yang kokoh walau sebenarnya back cover terbuat dari plastik. Desain bagian belakang yang sederhana ini juga yang awalnya membuat saya berpikir bahwa bagian ini tidak bisa dibuka. Tentu saja saya salah.

Satu-satunya hal yang tidak terlalu menarik adalah bentuk kamera di belakang yang menonjol dari badan. Selain itu, semuanya cakep.

Saya ini seperti orang kebanyakan, yaitu punya dua nomor handphone. Bukan apa-apa, alasannya ya sama saja dengan orang lain yaitu karena nomor utama yang digunakan untuk nelpon dan SMS memiliki paket data yang jauh lebih mahal. Jadi ya, pakai paket internet yang murah-murah saja. Nah, Advan i5E ini memiliki dukungan dual SIM yang mendukung LTE.

Oh, ada cerita soal dukungan dual-SIM di Advan i5E ini. Alkisah hape ini sudah saya pasang dua kartu yang bisa LTE dan suatu ketika saya harus mencabut kartu di slot pertama. Lupa sih karena apa waktu itu sampai harus dilepas dari sarangnya. Kondisinya adalah slot pertama ini saya fungsikan sebagai kartu utama sehingga LTE-nya aktif. Nah, setelah kartu pertama saya lepas dan hape saya restart, ternyata kartu di slot kedua langsung aktif sebagai kartu utama dan LTE-nya aktif.

Hal kecil yang ternyata bekerja sesuai harapan dan membahagiakan. Yang perlu diingat adalah, kalau ternyata kartu kedua tidak memiliki paket data ya hati-hati saja nanti pulsanya kena potong untuk data dan ludes. Hehe

Tadi sudah disebutkan bahwa ukuran layarnya adalah 5 inchi, dan dengan GPU Mali-400MP, layar Advan i5E ini memiliki resoluti 720p, alias 1280×720 dengan density 320 sehingga kualitas gambarnya nampak jernih dan tajam. Resolusi layar yang pas ini menjadikan menonton video dari file ataupun dari YouTube menjadi nyaman dan memuaskan. Apalagi nonton video di YouTube pun tak perlu kuatir karena menggunakan koneksi LTE.

Berbicara soal layar tentu tidak melupakan soal antarmuka, alias user interface. Dengan sistem operasinya yang bernama idOS, Advan telah berhasil menciptakan antarmuka yang mudah cantik sehingga tetap mudah digunakan. Meski harus diakui bahwa idOS di Advan i5E ini agak ketinggalan karena masih dibuat menggunakan dasar Android 5.1. Semoga saja nantinya diupdate ke Android Marshmallow secepatnya mengingat banyak fitur di Android 6.0 yang menarik.

Jaman sekarang, hape itu harus memiliki kualitas kamera yang bagus baik depan maupun belakang. Mencoba mengikuti pasar yang belakangan hobi melakukan swafoto/selfie, Advan dengan baik hati membenamkan kamera 8MP di bagian belakang dan 5MP di bagian depan yang masing-masing dikengkapi dengan flashlight. Jadi, meski bagian depannya 5MP, tapi kalau mau swafoto di tempat gelap sekalipun hasilnya bakal tetap oke.

Nah, kalau hasil kamera dari belakang, bisa dilihat langsung hasilnya di bawah ini. Kece, kan?

Tapi nggak cuma itu aja, karena antarmuka kamera Advan i5E ini juga nggak cuma bisa foto saja. Dengan software kamera terbarunya, pengguna bisa dengan mudah mengatur tone warna kulit atau nambahin filter, dekorasi dan juga make-up! Ambil swafoto tapi ternyata kurang make-up? Gampang! Langsung edit dari aplikasi fotonya dan siap diunggah ke Instagram.

Kadang kala ketika sedang melihat video kerap kali rasa penasaran saya muncul saat mengingat nama seseorang atau istilah asing. Dan saat itu juga rasanya ingin mencari tahu informasi lebih tentangnya, semata karena ketidaktahuan. Sayangnya, karena hape adalah sesuatu yang sifat normalnya satu window memenuhi layar, maka biasanya saya harus tutup video tadi dan pergi ke browser untuk mencari. Tidak efektif karena proses yang bertele-tele ini.

Nonton video sambil browsing
Picture in Picture

Untungnya Advan i5E memiliki fitur bernama Picture in Picture atau semi dual-window. Dengan fitur ini, hape mampu menjadi layar yang menampung dua window sekaligus walau terbatas pada video player saja. Kebutuhan untuk menonton video dan aplikasi lainnya bisa dilakukan sekaligus tanpa perlu menutup video player. Hidup ini terasa lebih mudah.

Oya, di dalam boks Advan i5E ini ternyata ada bonus silicon case Vanpro yang transparan dan tentu saja tetap mampu melindungi hape dari benturan-benturan ketika jatuh. Tambahan kecil yang pas sekali apalagi bagi saya yang biasanya melempar pelan hape ke meja.

Dengan silicon case Vanpro (gratis)

Dengan i5E ini Advan berhasil membuat sebuah gawai berkualitas dan cantik namun tetap terjangkau bagi semua lapisan masyarakat. Dengan harga Rp. 1.499.000 saja, Advan i5E pantas dimiliki buat kamu yang mau mengganti hape di tahun baru Imlek ini.

Tambahan spesifikasi detail sebagai berikut:

SIM Dual SIM
Jaringan 2G :GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G :HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G :LTE
Konektivitas Wifi :Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth :v4.1, A2DP, LE
USB :microUSB v2.0
GPS :Yes, with A-GPS
Ukuran dan Resolusi Layar Ukuran :5 inci
Resolusi :1280 x 720 piksel
Tampilan Antar Muka IDOS
Sistem Operasi Android Lollipop, 5.1
Prosessor Chipset :
CPU :Quad Core 1.3 GHz
GPU :Mali 400MP
RAM 2
Memori Internal 16 GB
Micro SD microSD, up to 32 GB
Kamera Belakang 8 MP, LED Flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Kamera Depan 5 MP, LED Flash
Sensor accelerometer, proximity
Baterai 2400 mAh

Leave a comment