Miscellaneous, viewpoint

Mau ke Big Bad Wolf Books 2017?

Sebagai pencinta buku, hari Kamis 20 April 2017 lalu saya berkesempatan datang ke hari pertama (pembukaan) Big Bad Wolf Books 2017. Ini adalah kali pertama datang ke pameran buku yang besar ini dan saya harus akui bahwa datang ke sini ini membutuhkan perjuangan yang besar sekali. Dan ya, hasilnya juga lumayan.

Apa itu Big Bad Wolf Books? BBW adalah bazaar buku yang diselenggarakan oleh Big Bad Wolf Sendirian Berhad (Sdn Bhd) dan dimulai di Malaysia kemudian menjalar ke negara di Asia Tenggara lain termasuk Indonesia. Nah, buku-buku dalam BBW adalah buku-buku clearance sale dari BookXCess, si induk semang BBW Sdn Bhd dan juga beberapa distributor lainnya. Info lebih lanjut silakan merujuk ke sini.

Nah, dari pengalaman sehari tersebut beberapa hal berikut inilah pelajaran yang dapat saya simpulkan:

  • Lower your expectation; karena belum pernah datang ke acara ini saya menganggap bahwa buku yang saya mau bakal ada, tapi ternyata setelah muter-muter sekian lama saya tidak menemukan buku-buku yang masuk daftar keinginan. Apakah buku best-seller ada? Ada saja, tetapi tidak semuanya. Misalnya, saya tidak bisa menemukan Seveneves-nya Neal Stephenson tetapi di tumpukan fantasy ada Mr Mercedes-nya Stephen King. Dan seterusnya.
  • Prepare yourself; baik fisik maupun mental. Kondisi bazaar buku ini tidak rapi dan tidak terstruktur dengan baik sehingga menjadikan proses pencarian sesuatu bukanlah perkara mudah. Untuk mendapatkan buku atau barang lain, pembeli harus memutar ke sana kemari karena kategorisasi yang terlalu global. Kategori yang ada dalam bazaar ini adalah sebagai berikut: Anak memiliki Activity Books, Readers, References, Board Books, Sound Books, Picture Books. Kategori Fiksi terdiri dari General, Fantasy, Young Adult, Picture Books (komik). Dan adapun non-fiksi ada References, Science, Cookery, Beauty, Music, Biography, Religion, dan sepertinya ada satu lagi yang saya lupa. Intinya adalah, kategorisasi yang umum dan peletakan buku yang menghadap ke atas menjadikan proses pencarian memakan waktu yang lebih lama dan melelahkan. Saya saja nggak sempat menengok buku-buku berbahasa Indonesia.

  • Plan your timing and effort; karena poin kedua di atas, perlu banget menyiapkan fisik dan juga waktu. Saya sendiri menghabiskan waktu selama 6 jam yang terdiri dari 2 jam untuk mencari buku dan 4 jam untuk antri bayar. Jadi, pastikan bawa air minum yang cukup supaya tidak pingsan.
  • Prepare your payment method; ini tidak kalah penting karena beberapa keterbatasan. Kalau jumlah belanjaanmu tidak banyak, lebih baik siapkan uang tunai untuk pembayaran. Dan jika tidak memungkinkan, gunakanlah kartu kredit atau kartu debit bank sponsor (Mandiri) atau yang bertanda logo VISA atau MasterCard. Kartu debit atau kredit yang tidak memiliki logo tersebut tidak bisa digunakan.
  • Plan your checkout track; untuk bayar ke kasir ada dua jalur yaitu jalur cepat dan jalur reguler. Jalur reguler adalah jalur semua pembayaran yang saya sendiri harus antri selama 4 jam lamanya dan membuat kaki saya sakit ketika sampai di rumah. Nah, kalau bisa ambillah fast-track yang mensyaratkan penukaran poin Mandiri Fiesta. Saya sendiri tidak tahu pasti bagaimana detailnya, tapi saya sarankan pastikan punya banyak poin di Mandiri Fiesta atau pinjam teman atau tetangga, sodara, mertua atau siapa saja. Tanya detailnya di booth MandiriBBW yang ada di dalam.

Antrian kasir - Big Bad Wolf Books 2017

  • Verify your books prices; saat di kasir, jangan biarkan kasir asal scan barcode dan sibuk main handphone. Pastikan bahwa harga yang tertera di buku dan yang tampil di layar monitor kasir sama. Jika tidak sama, jangan sungkan untuk memprotes. Ada cerita beberapa orang yang ternyata kelebihan bayar karena perbedaan harga ini.
  • Follow the queue line; panjangnya antrian ke kasir menjadikan jalur antrian mengular dan kadang tidak jelas mana ujungnya. Pastikan ujungnya benar dan jangan menyerobot.
  • Store your books; kalau kebetulan kecapekan antri dan menyerah, titipkan belanjaan di tempat penitipan dan antri kasir pas jam 3 pagi. Bazaar ini terbuka 24 jam, jadi gak harus bayar hari dan saat itu juga.
  • Miscellaneous; (1) bagi yang muslim, katanya tempat sholat ada di Hall 3 –saya sendiri nebeng di loket masuk; (2) tidak ada ATM BCA di ICE BSD –ini penting banget; (3) kalau mau pulang dan tidak bawa kendaraan sendiri serta baterai handphone lagi habis, langsung saja ke booth Grab supaya dipesankan sama mbak-mbak yang jaga.

Rasanya itu saja yang penting untuk diketahui buat Big Bad Wolf Books ini. Info detail tempat dan lain-lain bisa ke sini.

Buku Big Bad Wolf Books 2017

Saya cuma berhasil membawa pulang buku-buku ini. :(

2 thoughts on “Mau ke Big Bad Wolf Books 2017?

Leave a comment