The Document Foundation Rilis LibreOffice 3.3

Jan 26, 2011

Kemarin, 25 Januari 2011, The Document Foundation resmi merilis LibreOffice 3.3. Ini adalah versi stable pertama yang dikeluarkan oleh The Document Foundation sejak memisahkan diri dari Oracle pada September tahun lalu.

[caption id=”attachment_774” align=”aligncenter” width=”530” caption=”LibreOffice Start Center”]LibreOffice Start Center[/caption]

Fitur-fitur dalam LibreOffice 3.3 ini antara lain: impor dan mengerjakan file SVG; formatting judul dan penomoran halaman dalam Writer; Navigator Tool dalam Writer yang lebih membantu; pengaturan sheet dan sel yang lebih ergonomik dalam Calc; serta impor filter untuk dokumen Microsoft Works dan Lotus Word Pro. Sebagai tambahan, ada juga extension bundling yang termasuk di dalamnya impor PDF, console untuk slide-show, report builder yang lebih bagus dan lain-lain.

Pengembangan LibreOffice yang sedemikian cepat ini mendapatkan apresiasi dari berbagai media. Para pengembang (yang disebut LibreOffice hackers) memang termasuk ‘bernafsu’ dengan proyek berbasis komunitas ini. Pada tanggal 5-6 Februari besok, para hackers ini akan mengadakan meeting di FOSDEM, Brussels, untuk memberikan presentasi dan workshop selama satu hari pada hari kedua.

Untuk download LibreOffice versi 3.3 silakan ke http://www.libreoffice.org/download/ dan untuk melihat jadwal rilis silakan ke http://wiki.documentfoundation.org/ReleasePlan.

Selamat mencoba!