Kemarin, 25 Januari 2011, The Document Foundation resmi merilis LibreOffice 3.3. Ini adalah versi stable pertama yang dikeluarkan oleh The Document Foundation sejak memisahkan diri dari Oracle pada September tahun lalu.

[caption id=“attachment_774” align=“aligncenter” width=“530” caption=“LibreOffice Start Center”]LibreOffice Start Center[/caption]

Fitur-fitur dalam LibreOffice 3.3 ini antara lain: impor dan mengerjakan file SVG; formatting judul dan penomoran halaman dalam Writer; Navigator Tool dalam Writer yang lebih membantu; pengaturan sheet dan sel yang lebih ergonomik dalam Calc; serta impor filter untuk dokumen Microsoft Works dan Lotus Word Pro. Sebagai tambahan, ada juga extension bundling yang termasuk di dalamnya impor PDF, console untuk slide-show, report builder yang lebih bagus dan lain-lain.

Pengembangan LibreOffice yang sedemikian cepat ini mendapatkan apresiasi dari berbagai media. Para pengembang (yang disebut LibreOffice hackers) memang termasuk ‘bernafsu’ dengan proyek berbasis komunitas ini. Pada tanggal 5-6 Februari besok, para hackers ini akan mengadakan meeting di FOSDEM, Brussels, untuk memberikan presentasi dan workshop selama satu hari pada hari kedua.

Untuk download LibreOffice versi 3.3 silakan ke http://www.libreoffice.org/download/ dan untuk melihat jadwal rilis silakan ke http://wiki.documentfoundation.org/ReleasePlan.

Selamat mencoba!