Netbeans 6.9 Beta Version Released

Apr 23, 2010

Setelah dirilisnya Netbeans 6.8 pada bulan Desember tahun 2009 lalu, kemarin pada 22 April 2010, tim pengembang Netbeans akhirnya merilis Netbeans 6.9 versi beta. Semakin jelas pula bahwa Netbeans adalah kombinasi dari IDE open source dan platform aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai hal. Mulai dari membuat website, enterprise, desktop, dan mobile dengan aplikasi berbasis Java seperti halnya membuat aplikasi berbasis JavaFX, PHP, JavaScript dan Ajax, Ruby dan Ruby on Rails, Groovy dan Grails, dan juga C/C++.

Dalam rilis 6.9 versi beta ini, Netbeans memperkenalkan JavaFX Composer, sebuah tool visual untuk membuat aplikasi JavaFX berbasis GUI seperti halnya Swing GUI pada Java SE. Tambahan pada versi ini adalah OSGi interoperability_ untuk aplikasi dengan platform Netbeans. Teknologi ini mendukung JavaFX SDK 1.3, framework untuk Zend PHP dan Ruby on Rails 3.0. Seperti biasanya, Netbeans masih tersedia dalam English, Brazillian, Portuguese, Japanese, Simplified Chinese dan beberapa bahasa yang digunakan oleh komunitas pengembang.

Selain kedua hal di atas, rasanya Netbeans 6.9 beta ini tidak terlalu memiliki banyak tambahan kecuali seperti biasa yaitu berupa tambahan tracking code, hints dan spell checker. Rencananya, Netbeans versi 6.9 rilis akan dikeluarkan pada Juni 2010 nanti. Nah, bagi anda yang tertarik dengan versi beta ini, anda dapat mencobanya di http://download.netbeans.org/netbeans/6.9/beta/.