Google Mengakuisisi BumpTop; Sebuah 3D Desktop

May 04, 2010

Saiful Muhajir, Google Mengakuisisi BumpTop, 3D DesktopRaksasa mesin pencari, Google, hari ini mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi BumpTop. Melalui Twitter, GoogleOS menyebut Google Buys BumpTop, 3D Desktop. Ini merupakan konfirmasi resmi dari pihak Google setelah sebelumnya pada 30 April 2010 lalu, tim pengembang BumTop mengumumkan hal tersebut.

BumpTop adalah sebuah desktop environment yang berbasis 3D. Dengan aplikasi ini komputer pengguna akan nampak seperti desk pada sesungguhnya. BumpTop pertama kali dibuat oleh Anand Agarawala untuk tesisnya dan dia sempat mempresentasikan karyanya dalam konferensi TED.

Saiful Muhajir, Google Mengakuisisi BumpTop

Versi 1.0 dirilis pada 8 April 2009 dan terus dikembangkan serta dapat didownload secara gratis. Terdapat juga versi Pro yang mengharuskan pengguna membayar untuk melakukan update.

Secara visual BumpTop akan menampilkan dokumen-dokumen sebagai boks tiga dimensi yang nampak berada di sebuah meja virtual. Pengguna dapat menempatkan dokumen-dokumen tersebut sesuai keinginan dengan mouse atau stylus. Lihat videonya di sini.

Editor CNET, Seth Rosenblatt sempat memberikan 5 bintang pada BumpTop dan mengatakan it could push how we use our computers into a whole new dimension. Pada Oktober 2009 lalu, BumpTop 1.2 versi Pro bahkan bisa multi-touch untuk Windows 7 sama halnya pada Mac OSX. Sampai 18 Januari 2010 kemarin, BumpTop dapat berjalan pada Windows XP/Vista/7, Mac OSX dan Linux.

Saiful Muhajir, Google Mengakuisisi BumpTop

Sebelum diakuisisi, BumpTop dapat didownload secara gratis. Namun setelah proses akuisisi tersebut, BumpTop hanya memberikan batas hingga minggu ini bagi pengguna yang ingin mencobanya. Minggu depan tidak akan ada lagi download gratis tersebut. Mereka sepertinya juga tidak menyebutkan kapan dapat diakses secara bebas lagi. Google sendiri tidak memberikan keterangan akan diapakan project ini, namun dari pengumuman akuisisi tersebut sepertinya Google akan mengawinkan BumpTop dengan Android. Kita tunggu saja.

Oya, jika anda tertarik untuk mencoba silakan download mumpung masih bisa. The Power of Share – sm/5103/ne.