Berharap Lebih Pada Windows 8

Jul 08, 2010

Windows 8Windows 7 memang belum genap setahun dipasarkan, namun rumor tentang Windows 8 telah menyebar pasca dirilisnya slide yang menguak tentang rencana tersebut. Dengan berbagai fitur baru yang disebutkan dalam presentasi rapat internal tersebut, Microsoft menyebutkan ingin memenuhi kebutuhan pelanggan dengan lebih baik. Meskipun begitu, mereka tidak memberikan konfirmasi tentang kepastian bahwa semua fitur tersebut akan diwujudkan.

Jika dilihat perjalanan Windows, Microsoft nampaknya memang terlalu sembrono dalam memenuhi kebutuhan pengguna. Salah satu imbasnya adalah Google akhirnya melarang pegawainya menggunakan Windows. Mungkin Google hanya perlu pintu. :)

Selain menambahkan fitur canggih, Microsoft rasanya juga harus menambahkan beberapa hal penting pada Windows 8 yang rencananya akan dirilis pada 2012. Mungkin, delapan hal berikut cukup untuk membuat pengguna kembali melirik Windows.

Windows 8 Roadmap

  1. Keamanan yang lebih baik. Masalah klasik yang satu ini seolah tak pernah habis dari pembicaraan mengenai Windows. Windows 7 mungkin lebih baik, namun Microsoft perlu bekerja lebih baik.
  2. Desain dan model yang sama dengan versi sebelumnya (Windows 7). Ketika Windows 7 dirilis, sebagian pengguna Windows XP merasa takut karena desain dan model yang jauh berbeda. Beberapa rumor menyebutkan bahwa Windows 8 akan didesain ulang sehingga kemungkinan berbeda dengan Windows 7. Sebaiknya ini tidak terjadi.
  3. Pilihan browser selain IE. Beberapa kali Uni Eropa memaksa Microsoft untuk memberikan pilihan browser pada Windows dan berhasil. Rasanya pengguna juga setuju dengan Uni Eropa.
  4. Migrasi yang mudah. Sulitnya migrasi dari Windows XP ke Windows 7 dan Vista membuat sebagian pengguna bertahan dengan Windows XP. Seharusnya, di Windows 8 ada langkah untuk migrasi yang tidak menyulitkan.
  5. Peduli pengguna tingkat advanced. Windows 7 mungkin dimaksudkan untuk menjangkau pengguna novice dan sekaligus advanced. Sayangnya, mereka salah perhitungan. Windows 7 terlalu susah untuk novice dan tidak menarik untuk advanced.
  6. Virtualisasi. Fitur yang dipuji dari Windows 7 adalah virtualiasi Windows XP. Sayangnya, ini hanya ada di versi Ultimate, Professional dan Enterprise. Mungkin lebih baik jika versi Home juga diberikan fitur tersebut.
  7. Social networking built-in. Social networking semacam Facebook dan Twitter akan terus hidup, setidaknya menurut pengamat. Alangkah lebih baik jika Windows 8 membuat built-in yang siap pakai.
  8. Versi web-based. Chrome OS disebut-sebut sebagai Windows-killer (meskipun banyak yang tidak setuju) dan salah satu fitur Chrome OS adalah web-based version. Jika Windows ingin balik menyerang, sebaiknya mereka menggunakan versi web-based juga.

Masih ada fitur lain yang seharusnya ditambahkan, yaitu kompatibilitas layar-sentuh yang lebih baik. Jadi, pe-er Microsoft untuk Windows 8 ini memang lebih banyak. Apalagi jika mereka memang berniat membuat versi 128-bit. [via eWeek] (tpos/sm/ne)