Work, Online.. at ZOHO

Mar 08, 2008

SELAIN menghadirkan berbagai persaingan ketat menjajakan berbagai perangkat keras dan perangkat lunak dalam kemajuan teknologi komunikasi informasi, tren globalisasi yang penting adalah kehadiran orang-orang yang memiliki inisiatif yang mengubah jalannya perdagangan dan bisnis dunia.

Ketika perusahaan besar seperti Microsoft mulai masuk ke mekanisme bisnis prabayar dengan menjajakan Office Professional 2007, ada juga yang memberikan alternatif penggunaan aplikasi pengolah kata, pengolah angka, dan sejenisnya secara gratis mengakses situs web.

Dan yang menarik dari kehadiran dan kemajuan teknologi komunikasi informasi adalah munculnya pemain baru yang ukurannya tidak lagi skala perusahaan, tetapi individu-individu kreatif dengan ambisi besar menguasai dan mencari keuntungan dari kemajuan teknologi komunikasi informasi ini. Google, Yahoo, Friendster, Flickr, dan sejenisnya sekarang menjadi bisnis miliaran dollar AS, dan dimulai dan dikembangkan oleh beberapa gelintir orang.

Setiap hari bermunculan orang-orang yang mengerti dan memahami kekuatan teknologi komunikasi informasi ini, dan fenomena ini terjadi di mana-mana di dunia. Teknologi komunikasi informasi pun berkembang menjadi komoditi yang dicari orang, dan menjanjikan kekayaan yang berlimpah seperti yang dialami Larry Page dan Sergey Brin yang menghasilkan mesin pencari digital paling canggih di dunia yang disebut Google.

Fenomena ini juga ditunjukkan situs web Zoho (www.zoho.com), situs yang memberikan jasa aplikasi dengan mengisi nama dan sandi. Yang menarik dari Zoho ini adalah produk-produk yang ditawarkan mirip dengan Office Professional buatan Microsoft, dengan menawarkan aplikasi seperti pengolah kata, pengolah angka, perangkat presentasi, pembuat catatan (seperti OneNote buatan Microsoft), dan berbagai aplikasi lainnya.

read more