Tujuan Sebenarnya Dari Facebook Home

Apr 05, 2013

Semalam Mark Zuckerberg resmi mengumumkan hadirnya Facebook Home, kumpulan apps untuk Android yang terdiri dari chat hingga launcher.

Baru bisa diunduh mulai 12 April 2013 dan dirilis untuk device terbatas, yaitu HTC One X, HTC One X+, Samsung Galaxy S III dan Samsung Galaxy Note II, aplikasi ini mencoba menjanjikan sesuatu yang tak terlalu baru. Di halaman utama handphone ada cover feeds dari aktivitas teman di Facebook. Lalu ada notifikasi yang bisa muncul seenaknya. Dan launcher yang bisa diisi berbagai icon aplikasi dan widget. Penjelasan lengkap silakan baca di sini, sini, dan sini.

htc-first-fb-home

Dalam pengumumannya semalam Mark mengatakan bahwa tujuan dari Facebook Home ini adalah membalik paradigma di dunia smartphone yang ada saat ini: phones designed around apps, not people.

Tapi itu adalah bahasa pemasaran. Kalimat itu dalam bahasa orang awam sebenarnya adalah begini: kami ingin membuat handphone Anda menjadi sebegitu sosial sehingga Anda lupa bahwa dia bisa telepon, kirim pesan dan lain-lain. Anda juga akan menjadi gampang terganggu oleh notifikasi sehingga sering-sering cek dan hidup Anda menjadi tidak tenteram. Dengan ini juga hit ke website kami jadi lebih banyak karena kami menjadikan handphone Anda sebagai bot.

Oh, dan opini hadirnya Facebook Home akan membunuh (atau menghilangkan branding/identitas) Android? Ide menghilangkan branding Android sudah sejak jaman dulu ada dengan hadirnya launcher. Tapi apakah identitas Android hilang? Enggak.

Oh, one more thing. Mau nayangin iklan di cover feeds? Karena Facebook Home akan begitu. Saya enggak deh. Makasih. :)