Seharusnya Museum Itu…

Apr 25, 2011

Saya telah beberapa kali mengunjungi museum. Dan bagi saya, museum adalah tempat yang menyenangkan. Ada banyak hal yang bisa saya nikmati dan pelajari di dalamnya. Dari detail benda hingga sejarah yang tercatat di dalamnya. Ketika berada di museum, saya bisa betah berjam-jam dan melupakan yang lain karena asyik menikmati setiap benda.

Sayangnya, dari sekian banyak museum yang telah saya kunjungi hampir semuanya tampak tidak menarik. Museum-museum yang saya kunjungi biasanya identik dengan: gelap, sepi, pengap, berdebu, menakutkan (pada sebagian), dan tentu saja nampak tak terawat. Dengan kondisi seperti di atas, pengunjung museum yang jarang menjadi masuk akal (bagi saya).

Museum Mandiri

Kondisi yang ada pada museum seperti di atas (menurut saya) disebabkan oleh karena bangunan museum tersebut. Museum-museum saat ini sebagian besar berada di gedung-gedung tua bekas sejarah atau semacamnya dan kurang mendapatkan cahaya matahari. Sebenarnya di gedung tersebut biasanya ada banyak jendela. Sayangnya, sangat jarang dari sedemikian banyak jendela pada gedung tersebut dibuka.

Beberapa hari lalu, sepulang dari Museum Mandiri di kawasan Kota saya pun berandai-andai. Bagaimana jika benda museum tersebut dipindahkan ke tempat baru yang lebih mendapat cahaya matahari. Well, ini butuh gedung baru memang. Tapi saya rasa cukup untuk membuat museum jadi menarik.

Gedung baru museum ini sebaiknya memiliki atap kaca atau semacamnya yang tembus cahaya. Dengan begini matahari dapat masuk dengan leluasa ke dalamnya. Dengan pencahayaan yang jelas, museum tak akan nampak menakutkan dan menyeramkan karena tidak dalam keadaan gelap kecuali malam. Selain itu, tentu saja benda-benda museum harus rajin dirawat dan dibersihkan agar tak berdebu dan menjadi rusak.

Sekian. Maaf kalau acak-acakan, karena saya lagi malas menulis tapi ingin menulis. #galau