[Review] Acer Liquid M220: Ponsel Windows Phone dari Acer Kelas Pemula

Aug 20, 2015

Meski sebagian dari kita menganggap bahwa nasib Windows Phone tidak cukup jelas melihat pasar ponsel terus digerus oleh Android dan juga Apple, sebagian orang masih berpikir bahwa Microsoft punya rencana yang tak kita pahami. Terlepas dari apapun rencana Microsoft, jika Anda adalah seorang pemula di dunia ponsel terutama Windows Phone, atau memposisikan diri sebagai pemula, maka Acer Liquid M220 adalah ponsel yang cukup memuaskan.

Acer-Liquid-M220-back

Desain Meski masuk kategori pemula, Acer Liquid M220 memiliki desain dan balutan bodi yang bagus dan elegan. Dengan desain pattern di bagian panel belakang yang unik dan khas serta potongan pinggiran bergerigi menjadikan ponsel ini memiliki kesan grip yang nyaman sekali. Dengan ukuran bodi 4.92 x 2.52 x 0.38 inchi serta berat yang hanya 119 gram membuat ponsel ini ringan dan enak digenggam.

Hal yang paling mengganggu dari desain adalah penggunaan bezel yang boleh dikata berlebihan sehingga membuat layar menjadi kecil. Bezel di bagian bawah sendiri memiliki lebar 1.7cm sementara bagian atas sampai di angka 2cm. Rasanya Acer membuang-buang space karena di bagian bawah tidak terdapat apapun selain tambahan aksen ruang tipis.

liquid_m220

Sebagian besar komponen luar memang terbuat dari plastik. Namun, harus diakui bahwa ada kesan bernilai dari bahan yang sebenarnya tidak mahal ini. Bahan pada Liquid M220 sama sekali tidak menunjukkan kesan murah.

Display Dengan ukuran layar hanya 4” dan resolusi 800x480, Anda akan dapat melihat bahwa kualitas layar memang apa adanya: kelas bawah, mengingat kini hampir semua ponsel memiliki resolusi minimal 720p. Untuk penggunaan sehari-hari layar ini tentu saja cukup terlebih jika pemakaian tidak terlalu memperhatikan detail kualitas gambar. Secara sekilas, semua warna dan gambar akan nampak tidak jauh berbeda dengan kualitas layar di kelas atasnya. Singkatnya, melihat resolusi 800x480 di layar berukuran 4” itu nyaman.

20150918_164259_HDR_DxO

Adapun mengenai ketajaman layar di bawah cahaya terang saya tidak mengalami masalah. Acer Liquid M220 mampu bertahan di bawah terjangan lampu maupun cahaya matahari sehingga penggunaan luar ruangan tidak ada masalah.

Masalah pada layar hanya akan terasa jika Anda mulai menggunakan keyboard yang memakan setengah ruang layar. Hal ini terutama akan terasa jika Anda harus mencatat catatan panjang baik dalam bentuk teks atau format lain.

Software Sebagaimana yang sudah saya sampaikan sebelumnya, out of the box Acer Liquid dibekali dengan Windows 8.1 yang dapat diperbarui menjadi Windows 10 jika sudah rilis nanti. Jika dahulu aplikasi tidak terlalu banyak ditemukan di Store, kini Anda tak perlu kuatir karena hampir semua bisa ditemukan dengan pengecualian aplikasi dari Google dan sedikit aplikasi lain.

wp_ss_20150918_0002

Namun, harus saya akui bahwa rendahnya rating di Store menjadikan pemilihan aplikasi yang bagus boleh dibilang agak membingungkan terlebih banyak sekali aplikasi yang memiliki nama mirip atau bahkan sama tanpa kita tahu kualitasnya. Sepertinya user harus lebih banyak memberikan review terhadap app yang berguna untuk membantu komunitas pengguna Windows Phone.

Performa & Penyimpanan Untuk berbicara mengenai performa pada Acer Liquid M220 kita harus ingat bahwa ini adalah ponsel kelas pemula. Dengan bantuan Windows 8.1 di atas dual-core 1,2GHz Qualcomm Snapdragon dan RAM sebesar 512MG penggunaan untuk kebutuhan sehari-hari seperti browsing, zoom foto ataupun menulis cukup halus dan tanpa lag. Bahkan, jika dicoba menjalankan game seperti Crossy Road atau Subway Surfers hasilnya juga berjalan dengan normal tanpa kendala. Kendala untuk aplikasi besar hanya terasa pada saat loading pertama kali saja.

Seperti bisa ditebak, di sisi lain performa Acer Liquid M220 akan terasa buruk jika Anda mencoba menjalankan game agak berat.

wp_ss_20150918_0001

Adapun bagian penyimpanan adalah satu hal yang paling saya rasakan menjadi kendala mengingat Acer Liquid M220 hanya dibekali penyimpanan internal sebesar 4GB saja (hanya bisa dipakai 3.7GB). Dari total ukuran ini sistem sendiri menghabiskan 2.68GB belum termasuk aplikasi bawaan seperti Office, Skype, Music, Health & Fitness dan lain-lain yang memakan media sebanyak 400MB+.

Bagaimana jika Anda menambahkan Facebook dan/atau Path? Space tersisa di internal hanya 230MB+ saja. Dengan sisa space seperti ini Anda tentu saja membutuhkan microSD card yang memang dapat dipasang untuk kebutuhan musik atau foto hasil jepretan.

Masalah lainnya datang dengan beredarnya kabar bahwa Windows 10 hanya akan dapat diupgrade untuk ponsel dengan minimum penyimpanan internal sebesar 8GB mengingat setidaknya Windows 10 membutuhkan space lebih dari 300MB untuk melakukan proses upgrade.

Kamera Jika ada satu hal yang dapat dipuji dari kamera maka hal tersebut adalah respon. Untuk menghasilkan satu jepretan pengguna tak perlu menunggu lama karena begitu kamera fokus pengambilan gambar cukup cepat.

WP_20150918_002

Dengan kualitas kamera belakang hanya 5MP saja, mengharapkan kualitas foto yang bagus tentu saja berlebihan. Hasil foto di luar ruangan menunjukkan warna yang sedikit rusak walau masih dapat dikatakan cukup terutama untuk panorama atau sekedar kebutuhan bersosial. Noise akan semakin banyak terlihat jika Anda membawanya untuk kebutuhan gambar di dalam ruangan.

WP_20150918_003

Sementara itu, kamera 2MP di bagian depan bisa dikatakan nyaris tidak berguna mengingat kualitas gambar yang jauh dari baik. Dengan noise yang sedemikian banyak, foto selfie akan menjadi tidak menarik.

Baterai Acer Liquid M220 sesuai dugaan hanya memiliki kapasitas baterai sebesar 1800mAh saja. Dengan kapasitas yang mini dan layar 4”, penggunaan full WiFi dapat bertahan selama 3 hingga 4 hari sementara penggunaan standar sehari-hari baik telepon maupun browsing dan lain-lain hanya bertahan kurang dari satu hari. Dan dalam ujicoba memutar video secara terus menerus Liquid M220 hanya bertahan 4 jam saja.

Kesimpulan Jika Anda berencana mencicipi Windows Phone, maka Acer Liquid M220 bisa menjadi pilihan yang pas. Dengan harga sangat terjangkau dan kualitas yang memadai untuk aktivitas standar sehari-hari untuk kelas pemula.

Namun, pastikan Anda tidak membandingkannya dengan ponsel kelas menengah apalagi atas dan posisikan diri Anda sebagai pemula juga.