Lebih Berwawasan dengan Kurio: a Smart News Reader

Nov 19, 2014

Monumen, apapun bentuknya, adalah wujud nyata dari pengetahuan atau wawasan manusia akan masa lalu, masa kini dan masa datang. Akan tetapi monumen yang paling jelas dari pengetahuan adalah tulisan.

Dalam sejarah peradaban manusia, hal pertama yang menggambarkan pengetahuan bisa dilihat dari tulisan tertua yang ditemukan dalam Gulungan Nabatea atau Gulungan Petra yang diketahui ditulis sekitar tahun 550 SM oleh seorang pendeta. Dalam tulisannya, pendeta ini bercerita bahwa dia tinggal berdua dengan pendeta lainnya. Suatu hari temannya ini kabur dari tempat tinggalnya dan membawa serta (atau mencuri) kunci kamar di rumah bagian atas, dua kayu, enam burung dan sebuah meja.

Tulisan ini adalah awal mula peradaban manusia melakukan tulis-menulis yang ternyata digunakan untuk keperluan administrasi saja. Namun kemudian jaman berganti hingga membawa tulisan pada pengumuman dan berita yang dimulai pada jaman Romawi dan seterusnya.

Tulisan adalah bukti nyata bahwa peradaban manusia bisa dibangun dan dijaga. Melalui tulisanlah pengetahuan akan masa lalu dapat diketahui. Dan melalui pengetahuan pula pada akhirnya kita mampu mendaratkan Philae di atas 67P/Churyumov-Gerasimenko. #KnowledgeIsPower is proven.

Namun, dengan semakin banyaknya tulisan sekarang ini, utamanya berita, bukan hal mudah untuk menemukan berita yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan kita. Membanjirnya berita seringkali membuat kita menjadi kebingungan untuk melakukan pemilahan mana yang harus dibaca dan mana yang sebenarnya tak perlu.

Aplikasi untuk membaca berita biasanya didesain untuk menjadi pembantu bagi kita dalam pemilahan berita yang bejibun. Namun, harus diakui bahwa mencari news reader untuk berita lokal masih terbilang sedikit dan tidak dapat diandalkan. Sampai hadirnya Kurio.

Kurio yang memiliki slogan smart news reader ini merupakan aplikasi untuk membaca berita yang tidak saja menyediakan berita dari luar negeri tetapi juga dalam negeri. Dengan topik yang cukup banyak Kurio menjanjikan berita yang tersaji sesuai dengan kebutuhan dan juga kepentingan penggunanya.

Screenshot_2014-11-18-05-26-25

Pada saat pertama kali dibuka, pengguna akan dihadapkan pada pilihan topik untuk dikustomasi. Berbagai topik dapat dipilih sesuai dengan keinginan penggunanya mulai dari teknologi, bisnis, otomotif, parenting dan masih banyak lagi. Dengan algoritma tersendiri yang terus dikembangkan semakin lama pembaca akan mendapatkan berita-berita yang sesuai dengan yang diharapkannya sesuai dengan topik yang telah dipilihnya.

Screenshot_2014-11-18-05-29-20

 

Salah satu hal menarik dari Kurio adalah posisi pilihan topik yang berada di kanan bawah. Dengan peletakan navigasi di sini, dimana jempol hampir selalu berada, pengguna menjadi mudah untuk berganti dari satu topik ke topik berita lainnya.

Selain topik, pengguna juga diberikan pilihan sub-topik. Dengan fitur ini Kurio memberikan pilihan berita dengan topik yang lebih spesifik untuk dibaca dari berbagai sumber.

Screenshot_2014-11-18-10-56-01

Seperti yang saya sebutkan di atas, Kurio menyediakan berita dari luar maupun dalam negeri. Bagi saya yang menginginkan kesatuan berita dalam satu tempat, hal ini jelas berguna dan merupakan kelebihan tersendiri. Dengan begini saya tak perlu lagi berganti app hanya untuk membaca berita khusus untuk Bahasa Inggris.

Salah satu hal penting dalam apapun adalah desain. Menyadari hal ini pengembang Kurio benar memperhatikan desain dalam aplikasi yang memiliki icon berwarna merah dengan kipas ini. Hal ini dapat dilihat dari desain aplikasi yang minimalis dan bersih.

Screenshot_2014-11-18-05-27-40

Berita-berita ditampilkan dalam bentuk thumbnails dan judul serta sumber berita dan waktu publikasi dengan ukuran lebih kecil. Ketika berita ini dipilih, selanjutnya tulisan dari sumber berita akan ditampilkan dalam format mobile web sehingga memudahkan pembaca tanpa adanya intervensi iklan dan lain sebagainya.

Screenshot_2014-11-18-10-55-33

Dari berita yang dibuka, Kurio menyediakan dua model tampilan yaitu modus malam dan siang dimana modus malam akan menjadikan background menjadi hitam dan tulisan akan diubah sebaliknya. Selain itu, pengguna juga dapat membagi berita yang sedang dibaca ke social media atau lainnya termasuk read later services sehingga berita dapat dibaca nanti.

Screenshot_2014-11-18-10-55-39

Secara keseluruhan Kurio adalah aplikasi buatan lokal favorit bagi saya. Jika selama ini saya mengandalkan feedly dan Play Newsstand untuk membaca berita dan ke website lokal lainnya, kini saya cukup membuka Kurio saja.

Namun, saya harus memberikan catatan sebagai berikut:

  • Pengembang perlu mencari cara untuk menampilkan berita yang memiliki halaman lebih dari satu seperti dari detik.com, dan tempo.co
  • Pilihan untuk mengubah ukuran font. Ukuran font yang digunakan saat ini sudah cukup memadai bagi banyak orang. Namun, beberapa orang menyukai ukuran font yang lebih kecil.

Kurio: Smart News Reader dapat diunduh secara gratis untuk iOS dan Android.