[Geek] Mungkinkah Helicarrier Milik S.H.I.E.L.D Terbang?

Jul 10, 2012

Kemarin tentu saja sudah melihat The Avengers, kan? Film dengan pemain bagus, cerita oke dan efek grafis yang luar biasa ini rasanya memang tidak boleh dilewatkan. Setidaknya sebagai film yang menghibur. :D

Nah, dalam Avengers, baik film yang kemarin dilihat maupun komik, ada sebuah pesawat raksasa milik S.H.I.E.L.D yang disebut Helicarrier. Dengan empat rotornya yang sedemikian besar pesawat yang memiliki ukuran kurang lebih sebesar kapal Nimitz ini mampu terbang. Bahkan di beberapa film kartun Avengers, kalau saya tak salah ingat, Helicarrier ini mampu terbang tak kalah cepat dengan jet milik Iron Man.

S.H.I.E.L.D Helicarrier

Jika anggaplah Helicarrier ini kurang lebih memiliki ukuran segede Nimitz, dan begitu pula bobotnya, dalam dunia nyata mungkinkah ia bisa terbang? Jika bisa, harus menggunakan rotor segede apa?

Nimitz adalah kapal dengan jenis aircraft-carrier yang memiliki panjang 333 meter dan beratnya kurang lebih 108 kg. Jadi, apakah Helicarrier milik S.H.I.E.L.D ini beneran bisa terbang?

Kuncinya kurang lebih ada di rumus penggunaan rotor dalam dunia pesawat terbang. Rumus yang digunakan untuk mengukur bagaimana sebuah pesawat bisa terbang adalah: dengan A adalah area udara yang ditekan, alias ukuran rotor, dan v adalah kecepatan rotor tersebut berputar.

Jawabannya? Bisa sih terbang. Tapiii…