Empat Kebenaran Absolut

Mar 23, 2008

Apakah anda pernah berpikir bahwa di dunia ini tidak ada yang benar2 absolut? Pernahkah, anda berpikir bahwa sebuah kebenaran sama sekali tidak benar2 absolut? Pikirkan sekali lagi!

Tidak ada memang di dunia ini yang benar2 absolut, kecuali empat (mungkin) kebenaran absolut berikut ini:

  • Setiap manusia memiliki nilai positif. Nilai tersebut tidak terbantahkan. Nilai ini pasti ada dan akan selalu ada, apapun perilaku dan kebiasaan yang diterapkan sepanjang hidup, serta bagaimanapun buruknya perilaku dan kebiasaan tersebut. Tidak ada peristiwa dalam hidup yang dapat merubah nilai ini.
  • Reaksi orang lain terhadap apa yang dilakukan atau dikatakan oleh seseorang hanyalah semata-mata reaksi orang lain. Reaksi, komentar, sikap orang lain adalah milik mereka, bukan milik siapa-siapa. Satu-satunya orang yang memahami diri manusia adalah manusia itu sendiri. Seseorang tidak bertanggung jawab atas apa yang dirasakan orang-orang terhadap dirinya.
  • Ketika seseorang mengambil keputusan, dia pasti membuat keputusan terbaik saat itu yang berdasarkan pilihan-pilihan yang diyakini dan dimilikinya. Sebuah maksud positif memotivasi semua perilaku seseorang. Bagaimanapun hasil akhir sebuah perilaku setelah ditinjau, pada dasarnya semua perilaku didasari maksud positif.
  • Setiap orang memiliki kekuatan dan sumber daya yang dibutuhkan dalam dirinya sendiri untuk menjadi sosok yang diinginkan.

Jadi, bagaimana menurut anda?