Cara Gampang Migrasi dari Posterous Spaces ke Tumblr

Mar 08, 2013

Akan tiba saatnya dimana saya (dan pengguna Posterous Spaces lainnya) harus menerima kenyataan bahwa Posterous tiada. Mati dan tidak akan hidup lagi. Mungkin akan hidup lagi sih. Dalam wujud Twitter atau yang lain. Who knows?

Sebagian dari kita kecewa, tentu saja. Karena harus melakukan migrasi yang mudah dan tidak mudah. Mudah jika menggunakan WordPress karena tinggal mengikuti [cara di sini dan beres(http://en.support.wordpress.com/import/import-from-posterous/). Mudah dan gratis. Tapi jadi tidak mudah jika harus import ke layanan lain. Tumblr misalnya.

Untuk membantu migrasi dari Posterous Spaces ke Tumblr. Itulah mengapa post ini dibuat. Oke, enough with the yada-yada. Now, let’s get to work.

Meskipun dari Posterous menyediakan export/backup yang dapat diimpor ke platform lain, tidak seperti WordPress, Tumblr tidak menyediakan alat untuk migrasi dari platform lain. Coba saja ke http://www.tumblr.com/help dan ketikkan “import” (tanpa tanda kutip). See? Kenapa sih? Nah, saya juga tidak tahu.

Untuk itu kita butuh pihak ketiga. Ada beberapa cara untuk migrasi. Bisa dengan cara semi ribet yang ada di Lifehacker ini. Dan ada cara lain yang lebih mudah, yaitu JustMigrate.

Pertama, buka justmigrate.com sehingga dihadapkan pada halaman di bawah ini.

JustMigrate

Isi alamat Posterous dan email untuk dikirim alert tentang notifikasi proses migrasi, dan klik Authorize Tumblr.

Selanjutnya adalah dihadapkan pada halaman otorisasi Tumblr.

Login ke Tumblr Silakan masukkan email dan password lalu login sehingga muncul halaman di bawah ini untuk permintaan akses di Tumblr.

Langkah ketiga tentu saja adalah Allow JustMigrate untuk mempunyai akses di Tumblr.

Allow me, please

Ketika muncul halaman di bawah, Anda tahu berapa jumlah post di Posterous.

331? That's a lot

Jika jumlahnya kurang dari 100, maka Anda beruntung karena bisa gratis migrasi. Jika jumlahnya lebih, maka pilihannya adalah dua: 1) migrasi 100 post saja, atau 2) bayar dan migrasi semuanya.

Beres.

Let's play again

Selanjutnya, kita bisa tidur nyenyak. Kecuali Anda sedang galau. Good luck!