[Android] App of the Week: MONUMENT VALLEY

Jun 05, 2014

Anda tentu tak asing dengan gambar ilusi dari Maurits Cornelis Escher. Gambar-gambar seperti sisi yang seharusnya berseberangan malah bisa terhubung dan membuat kita merasa tertipu karena tidak sesuai dengan teori yang telah kita pelajari.

ustwo, sebuah studio desain berbasis di London, berhasil memanfaatkan ide ini dan membuatnya menjadi sebuah permainan teka-teki yang memenangkan Apple Design Awards bernama Monument Valley.

Dalam Monument Valley Anda harus membantu seorang putri bernama Ida untuk mengaruhi puing-puing bangunan yang rumit demi satu goal/tujuan. Untuk bisa sampai ke tujuan ini, Anda harus melakukan manipulasi pada lansekap yang ada sehingga Ida bisa melewati segala rintangan memanfaatkan ilusi penglihatan. Termasuk yang dapat dilakukan Ida adalah berjalan di sisi bangunan yang menyambung dengan dataran.

Permainan ini tidak saja memiliki desain yang bagus dan memikat, melainkan juga geometri dan arsitektur yang nampak tidak masuk akal. Tidak cuma itu, Anda juga akan menemukan bahwa suara yang mengiringi permainan ini sungguh menarik.

Selain melakukan manipulasi, untuk membantu Ida Anda juga harus dapat menipu Manusia Gagak. Manusia-manusia berwarna hitam dengan kepala gagak yang jumlahnya cukup banyak ini tak jarang berusaha mengganggu dan menggagalkan usaha Ida ke tujuannya.

Game yang tersedia untuk Android dan iOS ini saat ini hanya memiliki 10 level. Bagi beberapa orang tentu saja ini sedikit mengecewakan karena teka-tekinya tidak terlalu rumit. Tetapi saya sendiri masih berhenti di level 8.

Up for a puzzle? Go ahead and try. You’ll love this.