blog, linux, news, Technology

Today's Open Source Highlights

Hari ini, saya memutuskan untuk tetap menggunakan Windows 7 dan akan membuat dual boot dengan iAtkos (Mac untuk Intel/AMD). Hari ini juga merupakan keputusan final saya untuk tidak install Fedora (cinta terbesar saya) ke laptop hingga ada driver kartu grafis untuk ATI versi baru. Meskipun begitu, hari ini saya akan memberitakan beberapa kabar gembira dari dunia Open Source.

Pertama, Adobe hari ini resmi memindahkan proyek Open Source-nya ke Sourceforge.net. Sebenarnya bukan memindahkan, melainkan meresmikan kolaborasi bareng Sourceforge. Jika dulu Adobe memiliki divisi Open Source sendiri, akhirnya mereka bekerja sama dengan Sourceforge yang kemudian mereka sebut [email protected].

Open@Adobe - Adobe-Sourceforge collaboration

Disebutkan bahwa nantinya Sourceforge akan menjadi pusat dokumentasi dan kode program sehingga Adobe tidak perlu repot membuatnya. Ini tentu saja akan memudahkan Adobe dalam mengembangkan departemen OSS-nya. Maklum, departemen OSS Adobe memang merasa sedikit kesulitan dengan kondisi sekarang.

openSUSE 11.3 Release

Kabar kedua datang dari openSUSE. openSUSE 11.3 akhirnya bisa didownload terhitung mulai hari ini. Kali ini, openSUSE dibekali kernel Linux 2.6.34, KDE 4.4.4, GNOME 2.30.1, Mozilla Firefox 3.6.6, OpenOffice.org 3.2.1.4, serta support untuk iPod, iPhone dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, openSUSE membawa sendiri aplikasi untuk cloud computing personal yang diberi nama SpiderOak. Dengan SpiderOak, pengguna dapat melakukan backup, simpan, dan berbagi file secara aman. Hebatnya SpiderOak adalah tentu saja gratis dan menggunakan enkripsi. Yummy!

Kabar rilis juga datang dari Zenwalk. Zencafe Community akhirnya mengumumkan dirilisnya Zencafe 2.2 yang menggunakan basis Zenwalk 6.4. Zencafe merupakan distro yang biasanya digunakan untuk internet cafe, alias warnet. Zencafe 2.2 datang dengan kernel Linux 2.6.33.4, Mozilla Firefox 3.6.6 serta Pidgin 2.7.1. Uniknya, Zencafe 2.2 mencoba membahagiakan fans Yahoo! dengan menambahkan GYachE Improved 1.2.6. lol

Dan kabar terakhir datang dari IBM. IBM secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan menggunakan Mozilla Firefox untuk browser standar pada komputer perusahaan dan para karyawan. IBM memang telah menggunakan sistem operasi open source oprekan mereka sendiri dan ketika mereka memilih menggunakan Firefox, rasanya itu masuk akal. Kenapa? Karena Firefox adalah open source sehingga IBM bisa melakukan kustomasi sesuai kebutuhan. (tpos/sm/sh)

Download Links:

3 thoughts on “Today's Open Source Highlights

Leave a comment