Uncategorized

Save 5 Hours a Day…

Apakah anda terlalu sibuk untuk meluangkan waktu bersama keluarga, membaca buku, lebih banyak latihan dan melakukan hal-hal yang anda sukai dan sangat ingin anda lakukan?

Cobalah berpikir seperti layaknya seorang admin TI – dengan mengubah kebiasaan anda dan mendapatkan 5 jam extra setiap hari untuk bisa melakukan hal-hal yang anda sukai. Dengan begitu anda akan mendapatkan lebih dari 2 bulan waktu extra dalam satu tahun, lumayan untuk menghapuskan dahaga anda akan waktu luang.

Bagaimana cara mendapatkannya?

Jam Pertama : Use the Web to Cut TV

Ya, gunakanlah web untuk menggantikan posisi televisi. Beberapa diantara anda mungkin menghabiskan waktu hanya untuk menikmati reality show, drama, film dan lainnya. Kalau anda berniat menghabiskan hidup anda untuk menyaksikan televisi, cobalah berpikir bahwa waktu yang anda gunakan untuk sekedar menonton televisi akan lebih berguna untuk melakukan hal-hal yang lebih berguna lainnya.

Anda tidak harus menghilangkan sama sekali kebiasaan menonton televisi anda, namun ada baiknya jika anda mulai menggunakan teknologi yang sepuluh tahun lalu belum begitu dikenal.

Langkah pertama, buanglah kebiasaan anda untuk bergonta-ganti channel tv hanya untuk mendapatkan acara yang ingin anda nikmati. Dan beralihlah mencoba mencari acar favorit anda melalui situs-situs semacam Yahoo!, TiVo dan yang lainnya. Setelah anda menemukan program favorit yang anda sukai, anda tinggal menikmatinya melalui TiVo, namun pastikan anda selalu mengecek jadwal acara sehingga anda tidak akan pernah ketinggalan. Mengapa lebih baik menggunakan rekaman dari TiVo misalnya, karena dengan begitu anda akan memotong waktu menonton tv anda dan anda tetap mendapatkan acara favorit anda tanpa ketinggalan satu sesi pun.

Sebagian daru acara komedi dan show sebenarnya tidak terlalu lucu jika anda memperhatikannya. Namun, anda juga tidak ingin membiarkan lewat begitu saja acara tersebut. Akan lebih baik jika anda melirik situs-situs semacam Digg dan atau milis lainnya untuk mendapatkan hikmah-hikmah dan lelucon yang bisa menggantikan acara komedi dan show kesayangan anda yang sebenarnya tidak terlalu lucu dan hanya menghabiskan waktu.

Jam Kedua : Packet-Filter Online Time

Berapa banyak waktu yang anda gunakan untuk online setiap hari, termasuk surfing web, email, invite dan lainnya? Lima? Enam? Sepuluh? Atau bahkan dua belas jam? Dan berapa banyak waktu yang anda habiskan hanya untuk mencari situs yang tepat dengan yang anda cari, menghadapi spam (atau bulk) dan aktivitas lain yang tidak begitu penting?

Potonglah waktu yang anda habiskan untuk menghadapi spam dengan tips filtering it all through Gmail, atau gunakanlah sistem response untuk spam semacam SpamArrest.

Hilangkan kebiasaan surfing blog dengan mengganti melalui RSS-feed untuk mempercepat anda mendapatkan informasi terbaru.

Dan ada baiknya jika anda mulai meninggalkan kebiasaan anda untuk sekedar menonton video konyol dari YouTube, seperti menyanyi di depan kamera dan kejadian-kejadian konyol lainnya. Atau sekedar menilai wajah seseorang dan mengatakan si A cantik dan jelek. Itu benar-benar membuang waktu anda.

Jam Ketiga : Create a Reading and Exercise Mashup

Jika anda terbiasa membaca koran dan majalah, serta berolahraga, mungkin anda bisa menggabungkan keduanya untuk mendapatkan setidaknya satu jam dalam sehari waktu luang. Bagaimana caranya? Sebaiknya anda mengganti kebiasaan membaca dengan podcast dan mendengarkannya pada saat anda jogging, atau jalan pagi ataupun senam di gym kesukaan anda.

Dengan menggantikan koran dan majalah dengan podcast, selain akan menghemat pengeluaran anda, dengan begitu anda juga turut menjaga lingkungan dan anda bisa mendapatkan waktu luang serta memangkas waktu membaca, sebab anda bisa mendengarkannya dengan melakukan kegiatan lain.

Jam Keempat : Optimize your schedule for faster processing

Cobalah untuk bangun dan berangkat tidur 2 hingga 3 jam lebih awal dari biasanya. Jika anda terbiasa bangun jam 7 pagi dan baru berangkat tidur pada jam 24.00, cobalah untuk memulai tidur anda pada jam 22.00 dan berikutnya bangun pada jam 05.00, dengan begitu anda setidaknya mendapatkan waktu luang sekitar satu jam dalam satu hari.

Dengan mendapatkan 3 jam lebih untuk mengerjakan sesuatu di saat yang lain tidak melakukannya, anda akan lebih produktif tanpa harus menerima interupsi pada saat meeting, telepon-telepon tidak puas dan email-email yang berisi keluhan karena pek
er

jaan anda.

Selain itu, dengan berangkat lebih pagi anda juga bisa menghindari kemacetan di jalan.

Jam Kelima : Debug your commute

Ngomong soal jam sibuk, beberapa diantara anda menghabiskan waktu yang lumayan tidak sedikit hanya untuk mondar-mandir. Tahukah anda, bahwa sebab dari semua itu adalah berawal dari rumah. Lalu bagaimana cara menghindarinya? Mudah saja.

Sebagian besar dari mondar-mandir yang anda lakukan adalah sesuatu yang tak berguna. Untuk menghilangkan cobalah beberapa tips berikut:

Gunakanlah transportasi umum, dengan begitu anda bisa menggunakan waktu perjalanan anda dengan membaca. Lalu bagaimana jika anda harus mengemudi sendiri? Seperti tips untuk mendapatkan jam ketiga, gunakanlah podcast bukan untuk sekedar mendengarkan musik dan acara-acara konyol, cobalah untuk lebih serius dengan mendengarkan berita sebagai pengganti membaca berita di koran dan majalah. Sebagai alternatif lainnya, adalah buku, e-book yang bisa anda dapatkan dari web, tape, dsan lain-lain. Bangunlah lebih lagi untuk datang kerja lebih pagi dan mendapatkan apa yang tidak didapatkan orang lain.

Itu semua adalah tips, dan tentu saja mungkin hasilnya bisa berbeda pada masing-masing orang. Namun, pada umumnya anda akan mendapatkan waktu extra dengan optimize, debug, re-code kebiasaan harian anda. Sebuah cara yang tidak terlalu sulit bukan? – ‘asa an yaj’alallahu hadzhihi nafi’ah – ahmadMuhajir.

Free translated from Save 5 Hours a Day, the Geek Way By Mike Elgan

Leave a comment