Android, Reviews

Menikmati 4G Dengan Acer Liquid Z330

Menikmati 4G Dengan Acer Liquid Z330

Hampir semua operator tahun ini resmi telah mengadopsi teknologi 4G dan menjanjikan kualitas berinternet yang jauh lebih baik. Semua ini berkat kegigihan pemerintah dalam mendorong penyedia jasa untuk maju dan memajukan masyarakat. Namun, teknologi 4G yang jelas-jelas berbeda dengan generasi sebelumnya (3G) mengharuskan konsumen yang memiliki gawai lama harus berpindah ke perangkat lebih baru. Hal ini dikarenakan perangkat dengan dukungan 3G memang tidak dapat menikmati teknologi telekomunikasi generasi keempat karena perbedaan jaringan.

Harus diakui bahwa tak jarang di antara pengguna yang merasa agak kurang nyaman harus berganti ke perangkat baru untuk menikmati 4G ini. Selain itu, jangkauan area jaringan yang bisa mencapai kecepatan 100 Mbit/s ini juga belum mencakup keseluruhan wilayah bahkan di ibukota sekalipun.

Nah, bagi Anda yang masih bimbang memilih antara migrasi ke 4G atau tidak, tidak perlu kuatir. Hal ini karena Acer Indonesia telah merilis gawai terbaru mereka yang mendukung jaringan ini dengan harga terjangkau yaitu Acer Liquid Z330. Dibanderol harga sekitar Rp 1jutaan, gawai yang dibekali dengan prosessor quad core 1.1GHz MSM 8909 dari Qualcomm ini memiliki kemampuan ber-4G di pita 800, 1800, 2100, dan 2600 MHz sehingga dapat digunakan untuk operator GSM di Indonesia.

IMG_20160426_085449

Dengan dukungan jaringan 4G ini anda tentu dapat menikmati streaming video dari YouTube dan lain-lain dengan lancar tanpa perlu buffer ataupun baper (bawa perasaan).

Seperti perangkat Acer sebelumnya, Liquid Z320, Acer Liquid Z330 juga memiliki kualitas suara yang lebih baik karena dilengkapi fitur DTS Studio Sound yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik ataupun menonton video berkualitas tinggi. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir jika hendak menonton atau mendengarkan musik bersama teman.

IMG_20160426_085457

Adapun fitur lain yang juga tak kalah menarik dari ponsel ini adalah kualitas kamera depan dan belakang yang sama yaitu 5MP. Dengan harga yang sangat terjangkau kualitas gambar dari ponsel ini tak perlu diragukan karena memiliki fitur autofocus serta Intelligent Auto dimana Anda bisa menghasilkan kualitas gambar yang tetap bagus dengan kondisi lingkungan yang bermacam-macam. Nah, kalau foto di kondisi yang memiliki pencahayaan kurang, ada fitur Bright Magic pada Liquid Z330 ini. Apakah itu? Sesuai dengan namanya, hasil foto yang aslinya gelap akan dibuat menjadi terang. Secara magis.

Sementara itu, bagi Anda yang lebih suka bermain manual exposure, fitur tersebut juga tersedia bagi Anda yang hobi mengutak-atik kualitas gambar sejak dari kamera viewfinder untuk dapat mengatur hasil jepretan sesuai dengan kebutuhan atau preferensi.

Oh ya, Acer Liquid Z330 memang terbuat dari bahan plastik. Akan tetapi, Acer memang selalu bisa membuat kualitas bodi yang bagus sehingga ponsel tetap nampak stylish dan elegan serta indah. Hal ini dapat dilihat dari bodi belakang yang memiliki pola khas Acer bergaris. Dengan pola yang unik ponsel mungil ini menjadi mudah untuk digenggam dan terasa nyaman. Sebuah ponsel yang memang well crafted. Hal yang tidak ada dari Acer Liquid Z330 adalah pelindung kaca seperti Gorilla Glass untuk melindungi layar dari goresan. Jika dirasa perlu, Anda bisa menambahkan pelindung layar yang banyak dijual di pasaran saat ini.

IMG_20160426_085441

Hal lain yang juga tak kalah menarik dari Liquid Z330 adalah kualitas layar. Meski ukuran layar hanya 4,5 inchi dengan kualitas 854 x 480 piksel, kualitas yang dihasilkan dari layar IPS ini sungguh bagus. Sekilas, Anda akan lupa bahwa ini adalah layar bukan dengan piksel tinggi karena hasilnya jernih dan paduan warna pun seimbang dari merah, biru dan hijau. Namun, tidak hanya itu saja karena Liquid Z330 dilengkapi dengan Bluelight filter yang telah tertanam langsung tanpa aplikasi tambahan. Dengan demikian pengguna tak perlu kuatir akan mengalami mata kelelahan meski menggunakan gawai cukup lama. Seru, kan?

Ukuran layar <5 inchi memang sebuah anugerah bagi ponsel jaman sekarang. Hal ini dikarenakan urusan baterai selalu menjadi soal karena penggunaan ponsel menjadi tidak maksimal karena ukuran layar yang lebar seperti tren sekarang ini. Dengan baterai sebesar 2000 mAh dan layar mini, Acer adalah pilihan ponsel jika Anda berharap dapat menikmati kualitas dan ketahanan baterai secara bersamaan. Dengan penggunaan minimal hingga sedang, Acer Liquid Z330 mampu bertahan lebih dari 24 jam. Hal ini mengingatkan saja akan ponsel jaman dulu yang bisa bertahan hingga satu minggu jika tidak digunakan.

IMG_20160426_085507

Adapun penggunaan sedang hingga tinggi, Acer Liquid Z330 mampu bertahan hingga 12 jam. Anda tentu dapat mengulur waktu habis baterai dengan menonaktifkan fitur GPS dan Bluetooth. Harap diingat bahwa dalam ujicoba saya tidak mengaktifkan Bluetooth.

Out of the box Acer Liquid Z330 memiliki OS Android 5.1.1 dan RAM 1GB yang cukup digunakan untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, Liquid Z330 dilengkapi fitur Kids Center sehingga Anda dapat meminjamkan pada keponakan, sepupu, atau anak sendiri tanpa kuatir karena pilihan akses dapat Anda batasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pengiriman SMS atau panggilan yang tidak diperlukan.

Bagaimana? Sudah tidak bingung mau menikmati jaringan 4G kan?

Acer Liquid Z330 sudah dapat ditemukan di berbagai gerai-gerai handphone maupun online store. Jika ingin membeli secara online, Anda bisa mengunjungi Acer official e-store di Bhinneka.com disini.

Display 4,5”, FWVGA (854 X 480)
Main Camera 5 MP Auto Focus with LED flash flight
Front Camera 5 MP fixed focus
Processor Quad core 1.1 GHz, Qualcomm MSM 8909
Storage 8 GB
Memory 1 GB
Battery 2000 mAh, replaceable battery
Talk time: up to 11 hours*
Standby time: up to 430 hours*
Dimension 136 x 66.5 x 9.6 mm
Weight 142 gram
Network 4G:
LTE: 800/1800/2100/2600 MHz
3G:
HSPA/WCDMA: 900/1900/2100 MHz
GSM/GPRS/EDGE: 850/900/1800/1900 MHz
Connectivity WiFi 802.11 b/g/n
Bluetooth 4.0 EDR
GPS/AGPS
Micro SD slot, Micro USB, 3.5mm audio jack
Sensor Light sensor, G sensor, Proximity sensor
SIM Dual SIM
OS Android 5.1 Lollipop
User Interface Acer Liquid UI
Entertainment Youtube
Productivity abFiles, Acer SnapNote
Utility Acer Aid Kit, Quick Mode
Special Features Acer BluelightShield
DTS Studio Sound

One thought on “Menikmati 4G Dengan Acer Liquid Z330

  1. Barangkali bisa bantu bos. saya butuh firmware Acer liquid z320 yang berbahasa Indonesia. saya sdh browsing tp sampai saat ini belum mendapatkannya. Please….Bos. Thanks

Leave a comment