blog, life, Tips

Melindungi Gusi Untuk Masa Depan Lebih Baik

Di tulisan sebelumnya saya sudah jelaskan pentingnya menjaga gusi agar tetap sehat. Kenapa? Di situ juga sudah tertera apa dan bagaimana itu masalah gusi. Dan tak lupa juga dapat dibaca tentang siapa saja yang memiliki resiko mengalaminya.

Tapi, bagaimana sih cara merawat mulut yang baik supaya tidak terjadi masalah pada gusi itu? Apa saja yang sebaiknya dilakukan? Apakah cukup hanya menyikat gigi dua kali sehari? Atau ada hal lain yang juga perlu diperhatikan?

Berbeda dengan infeksi pada kulit, infeksi yang disebabkan bakteri mulut sehingga gusi menjadi bermasalah ini cenderung tidak terasa. Tidak ada rasa sakit dan progresnya juga relatif lama. Sayangnya, karena sifatnya yang demikian tadi masalah pada gusi biasanya disepelekan sehingga tau-tau sudah parah. Yaaa.. namanya manusia gitu kan ya? Padahal, jika telah parah maka akibatnya adalah rusaknya tulang pada gigi dan ujungnya adalah gigi dan gusi menjadi jelek dan bisa jadi malah lepas.

Nah, untuk mencegah hal-hal demikian tadi maka ada beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan. Dan sebagian besar dimulai dari rumah serta kebiasaan kecil yang ternyata penting.

  • Gosoklah gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung flouride. Cara menggosok gigi pun jangan asal-asalan. Tapi, dengan penuh penghayatan sehingga semua gigi dapat terjangkau oleh sikat. :P
  • Konsumsi makanan yang sehat seperti apel, wortel, susu, keju, dan sayuran lain yang banyak mengandung vitamin C. Dengan mengkonsumsi makanan manis maka secara langsung kita meningkatkan kadar gula dalam mulut dan ini akan memicu datangnya plaque lebih banyak.
  • Hindari merokok. Karena, sebagaimana yang sudah saya sebutkan di artikel sebelumnya, kandungan nikotin dalam rokok tidak baik untuk kesegaran dan kesehatan mulut. Kalau ternyata sudah merokok yaaa… gunakan tips lain. :D
  • Rajinlah juga untuk melakukan flossing pada gigi yang tak terjangkau oleh sikat. Flossing dan gosok gigi adalah kombinasi paling gampang dan manjur untuk menghindari masalah gigi maupun gusi. Sudah tau kan kalau ada juga pegangan untuk floss?
  • Cobalah konsumsi permen karet yang mengandung xylitol. Karena hasil riset menyebutkan bahwa mereka yang rajin mengkonsumsi xylitol setelah makan memiliki gusi dan gigi yang lebih bersih dan sehat daripada yang tidak. Mengunyah xylitol setelah makan rupanya mampu membersihkan gigi dan menetralkan asam yang ada di mulut. Tapi ingat, jangan yang mengandung gula! Kalau ada gulanya sih sama saja sepertinya.
  • Lakukan check-up ke dokter gigi. Dari dulu disarankan pergi ke dokter gigi paling sedikit 6 bulan sekali kan? Nah, sekalian periksa gigi jangan lupa juga memeriksakan gusi. Yaaa.. supaya tahu saja jika ada gejala-gejala menuju gusi bermasalah. Tahu lebih awal itu selalu lebih baik daripada tahu dan sudah telat. Percaya deh.
  • Berciumanlah sering-sering. Lho, beneran ini. Karena menurut Academy of General Dentistry berciuman ternyata mampu merangsang saliva (air liur) untuk mengeluarkan dan membuang partikel dari sisa makanan yang dapat menyebabkan masalah di mulut. Kalau belum ada yang dicium ya jangan terus nyium istri/suami orang sih. Nanti yang ada malah kena bogem mentah kan? Kalau belum ada yang dicium, balik ke permen karet dengan xylitol.
  • Alih-alih kopi, cobalah teh. Teh itu bagus lho buat kesehatan mulut. Gak usah pakai gula tapinya. Tawar, tawar deh. Hehe..
  • Gunakan pasta gigi yang baik kandungannya. Pastikan ada flouride dan baking soda di dalam komposisinya. Kalau bingung pasta gigi apaan, coba saja Parodontax dulu. #ngiklan

Nah, sudah tahu kan bagaimana cara merawat gusi supaya tetap sehat? Kalau sudah tahu, jangan lupa dipraktekkan. Karena percaya deh, membaca tulisan ini doang gak bakal bisa bikin gusi jadi sehat. Ya, kan? :P

Versi tl;dr sih begini: konsumsi makanan yang sehat dan tak mengandung banyak gula, dan rajinlah menggosok gigi setiap hari. Sudah, itu saja.

Btw, kok saya jadi pinter soal kesehatan gusi sih? Iya. Wong saya dapat ilmu ini dari blogger meet-up yang diadakan Parodontax Indonesia. Rame waktu itu dan banyak ilmu.

Sebagian sih, baca-baca lagi. :D

PS: Salah satu alasan lain menjaga gusi tetap sehat adalah karena bisa mencegah dari penyakit Alzheimer. Sumbernya, artikel di Washington Post. Linknya entah kemana. :P

Leave a comment