life, viewpoint

Matt Mullenweg (WordPress Co-Founder): Mengapa Free Software?

Berbicara mengenai free software, Automattic adalah sarangnya dan WordPress adalah gudangnya. Ada cukup banyak produk dari Automattic yang digratiskan dan termasuk salah satunya adalah WordPress. Ngomong-ngomong soal WordPress, maka kita tidak bisa melepaskan diri dengan Matt Mullenweg yang merupakan co-founder dari WordPress.

Matt Mullenweg (WordPress Co-Founder): Mengapa Free Software?

Kali ini, FSF (Free Software Foundation) membuat sebuah dokumentasi singkat mengapa Matt memilih sebagian besar hasil karyanya dijadikan free software.

Saya merasa cukup beruntung bisa coding (red: membuat program)dan waktu saya di bumi ini sempit, jadi semaksimal mungkin seluruh pekerjaan akan saya dedikasikan untuk kepentingan kemanusiaan. Hasil pekerjaan saya yang bisa bebas digunakan dengan lisensi GPL adalah salah satu cara terbaik untuk menjadikan dunia ini lebih baik sekaligus terbuka dengan setiap baris kode program yang saya buat.

Sebagai anekdot saja, setiap hal baik yang terjadi pada saya karena saya memberikan sesuatu secara cuma-cuma kepada orang lain, baik itu waktu, uang maupun kode program. Dan saat ini saya tidak punya alasan untuk mengubah hal tersebut. Ini adalah good karma.

Ini mungkin terdengar angkuh, tapi saya tidak bermaksud begitu. Software ada di segala hal, dimana-mana. Kebebasan dalam penggunaan software adalah isu paling fundamental dalam kehidupan kita, meskipun banyak orang yang tidak sadar akan hal itu.

Saya telah melihat berulang kali komunitas yang bahu-membahu dengan tujuan sama akhirnya berhasil membuat sesuatu yang jauh lebih besar dari kontribusi yang telah mereka berikan. Proyek Free Software ini bukan sekedar masalah lisensi, melainkan sebuah proses membuat software yang pada dasarnya menggunakan pendekatan inovatif dan, menurut saya, akhirnya menghasilkan software yang jauh lebih baik dibandingkan dengan proses pembuatan software yang bersifat proprietary.

Sebagai seorang pebisnis saya menyukai Free Software karena dengan begitu seseorang bisa yakin tentang hak-hak dan kebebasan yang berkaitan dengan software tersebut. Seseorang tidak bisa memiliki lisensi jika suatu saat terjadi perubahan pada software proprietary. Dengan free software, apa yang telah menjadi miliknya adalah miliknya. Saya mendapati bahwa lingkungan model begini adalah lingkungan yang sangat baik untuk mengembangkan bisnis, karena hal ini menambah kepastian proses pengembangan software dan sekaligus membuat seseorang fokus tentang apa yang membedakan dirinya: keunggulan kompetitif utamanya.

Diterjemahkan bebas dari FSF.org

5 thoughts on “Matt Mullenweg (WordPress Co-Founder): Mengapa Free Software?

  1. namun kadang kita ada sesuatu yang menghalangi hal itu kita lakukan? bahwa kita harus tetap hidup dan bertahan hidup? kalau kita sudah bisa itu sih no problem, saat ini saya memulai gerakan 50% sosial 50% profit.

Leave a comment