Belajar, java, pemrograman, Technology, Tips, Untuk Kita

Introduction to Java Environment (Mengenal Java – Lanjutan)

Introduction to Java Environment (Mengenal Java – Lanjutan)Di tulisan sebelumnya, Java Introduction, saya telah menjelaskan apakah itu Java dan bagaimana Java berproses dari kode program menjadi sebuah aplikasi. Nah, di tulisan kedua ini saya akan menjelaskan mengenai bagaimana membuat sebuah kode program dan menjalankannya. Di tulisan pertama, di bagian akhir saya mengatakan, sebaiknya anda men-download JDK di sini. Kalau anda belum download, silakan saja ke TKP dan download dari sana. It’s free. Totally free! *of course it is :D

Dalam permulaan belajar Java ini, saya akan mengenalkan membuat program dengan editor yang sederhana alias standar. Mengapa? Ini akan membuat kita terbiasa coding dengan text editor dan tidak manja dengan editor Graphical User Interface (GUI). Programmer tidak boleh manja! :lol:

Oke, yang dibutuhkan dalam pembelajaran berbasis blog ini hanya tiga hal. Yaitu:

  1. Niat belajar – kalau nggak tahu nyarinya dimana, silakan gunakan jurus Google-fu. :lol:
  2. JDK alias Java Development Kit yang bisa didownload di sini. Pastikan yang anda download adalah JDK, bukan JRE.
  3. Teks editor, Notepad atau Notepad++ atau apapun.

Setelah ketiganya didapat. Saatnya melakukan aksi. Oya, saya menggunakan Notepad bawaan Windows, karena komputer yang saya gunakan berbasis Windows. Maklum, belum punya laptop. Lihat detailnya di sini. :D

Silakan tulis kode program berikut di teks editor:

public class BukanHelloWorld {
   //Ini adalah program Java pertama
   //Saya tidak menggunakan Hello World!

   public static void main(String[] args) {
      System.out.println("Hei, ini bukan Hello World!");
   }
}

Java Environment Introduction (Java Lanjutan)

Setelah selesai menuliskannya, simpan dengan nama file yang sama dengan nama setelah tulisan public class. Mengapa? Untuk memudahkan pada saat kompilasi dengan Java Compiler. Saya akan membahas bagian-bagian dari kode program di atas di tulisan mendatang. Termasuk penamaan file.

Pada saat menyimpan, letakkan di sebuah folder yang mudah untuk dicari sehingga memudahkan kompilasi dan eksekusi. Simpan dengan ekstensi .java. Dalam contoh saya beri nama BukanHelloWorld.java. Agar tersimpan dengan ekstensi tersebut, pastikan ‘Save as type’ terpilih ‘All Files’ (untuk Notepad). Yang perlu diperhatikan lagi adalah baris kode program dalam Java bersifat case sensitive, yaitu huruf kapital harus kapital dan begitu juga sebaliknya.

Java Environment Introduction (Java Lanjutan)

Langkah selanjutnya, buka Command Prompt (Linux bisa menggunakan terminal) dan arahkan posisi folder ke dalam folder tempat file BukanHelloWorld.java disimpan. Dalam tulisan saya yang sebelumnya, saya telah menjelaskan bagaimana melakukan setting Java path. Jika belum dilakukan, pastikan bahwa langkah tersebut sukses.

Java Environment Introduction (Java Lanjutan)

Setelah anda tiba di folder penyimpanan, file masih berupa kode program. Sebagaimana dalam tulisan pertama, file tersebut harus dilakukan kompilasi agar dapat dibaca oleh Java Virtual Machine. Nah, langkah agar dapat dibaca oleh JVM adalah melakukan kompilasi dengan perintah:

javac <namafile.java>

sehingga yang diketikkan adalah:

javac BukanHelloWorld.java

Jika baris kode program tidak ada kesalahan, maka tidak akan dimunculkan apapun di Command Prompt. Namun jika ditemukan kesalahan pada baris kode program, maka anda akan diberitahu kesalahan yang dibaca oleh kompiler.

Setelah melakukan kompilasi, saatnya melakukan eksekusi. Sebelum melakukan eksekusi, ada baiknya anda melihat isi folder. Pastikan ada file BukanHelloWorld.class di sana. Nah, untuk melakukan eksekusi gunakan perintah:

java <namakelas.class> --> java BukanHelloWorld.class

Perhatikan bahwa yang dieksekusi dengan perintah java adalah file .class, bukan file .java.

Java Environment Introduction (Java Lanjutan)

Maka hasil dari eksekusi file tersebut adalah seperti gambar di atas. Sampai di sini, anda telah berhasil membuat program Java untuk permulaan. Penjelasan mengenai baris-baris tersebut akan saya bahas di tulisan mendatang.

Nah, bagaimana jika terjadi error? Jika error yang ditunjukkan semacam ini:

F:\Java>javac BukanHelloWorld.java
  BukanHelloWorld.java:6: <identifier> expected
  public statict void main(String[] args) {
              ^
  BukanHelloWorld.java:12: ';' expected
  }
  ^

maka yang harus dilakukan adalah membetulkan error tersebut. Silakan cermati dan temukan kesalahannya yang ditandai dengan (^). Yakinkan apakah tulisan di kode program sama dengan contoh di atas.

Jika ada error yang lain, silakan post di comment baris kode program dan ijinkan saya menelaah. Terima kasih, semoga bermanfaat dan mari terus belajar. The Power of Share – sm/41019/jv.

Leave a comment