Science, Tips

Ini Dia Cara Menghilangkan Nada Lagu Loop dan Mengganggu Dari Kepala

Beberapa lagu memang tercipta untuk mudah didengarkan dan ditanamkan dalam kepala. Bahkan lagu yang tak kita suka sekalipun. Saya tahu ini terjadi pada hampir semua orang. Tak peduli warna kulit, warna rambut atau ukuran sepatu. Sebut saja lagu dari Wali, atau Kangen Band, atau Taylor Swift, atau Rihanna, atau Lady Gaga, atau SNSD. Beuh!

Wali Band

Dan jika sudah begini, kita akan pusing sembilan-belas keliling mencari cara untuk menghilangkan nada yang terus menerus berputar di kepala ini. Pusing karena memang susah untuk dihilangkan. Bahkan bisa sampai berhari-hari. Betul?

Nah, ilmuwan pun mengalaminya. Sehingga akhirnya ada yang membuat penelitian cara paling baik untuk menghilangkan nada menyebalkan itu dari kepala. Kabar gembiranya, mereka berhasil. Yayness!

Adalah Dr Ira Hayman, seorang psikolog musik dari Universitas Western Washington yang melakukan riset ini dan beliau menemukan bahwa cara paling ampuh menghilangkan nada lagu mengganggu ini adalah dengan bermain puzzle anagram.

Dr Hayman mengatakan bahwa anagram akan memaksa musik mengganggu tersebut keluar dari memori aktif dan digantikan oleh memori lain yang dapat diterima, dalam hal ini anagram. Namun, ditambahkannya bahwa jangan bermain anagram yang terlalu sulit karena justru akan membuat otak merasa terganggu dan nada musik tadi malah balik lagi. Bisa berabe kan? Untuk itu yang paling disarankan adalah anagram dengan lima (5) huruf saja.

“Kuncinya adalah menemukan satu tantangan yang tepat buat diri sendiri. Jika Anda terlibat aktif secara kognitif, hal ini akan membatasi menghindari lagu mengganggu masuk ke dalam kepala,” katanya.

Bagaimana jika bermain anagram tak berhasil? Cara lain yang dapat dicoba adalah membaca novel yang bagus atau disukai, atau bermain Sudoku.

Besok lagi jika ada pengamen yang rame-rame nyanyi satu lagunya Wali dan akhirnya stuck di kepala, tak perlu risau. Tinggal coba salah satu cara saja.

6 thoughts on “Ini Dia Cara Menghilangkan Nada Lagu Loop dan Mengganggu Dari Kepala

  1. biasanya aku ilang2 sendiri sih lagunya dari kepala. tapi ya bisa lama dan itu nyebelin sangat, sodara2! hahaha..

Leave a comment