Reviews

Film Review: MUD

Meski berjudul Mud, yang ternyata adalah nama seorang tokoh, film ini dalam kacamata saya tidaklah bercerita tentang Mud. Film ini justru bercerita tentang Ellis yang diperankan oleh Tye Sheridan.

Mud

Ellis adalah seorang bocah berusia 14 tahun yang hidup bersama ayah dan ibunya di pinggiran sungai di Arkansas. Sebagaimana layaknya seorang anak ia suka bertualang bersama temannya Neckbone. Dalam satu petualangan mereka bertemu dengan Mud yang ternyata seorang buronan.

Mud (merujuk ke film) menunjukkan kepada Ellis bahwa cinta bukanlah sesuatu yang sederhana seperti 1+1=2. Tetapi lebih dari itu, cinta adalah sesuatu yang cukup rumit untuk diserap dalam pemikiran anak berusia 14 tahun ini.

Pada suatu ketika Ellis harus menerima kenyataan bahwa sepasang suami-isteri yang hidup dalam satu atap dan memiliki anak pun bisa ribut dan berpisah. Benar bahwa keduanya saling mencintai dan tentu saja mencintai anaknya, perpisahan kadang terjadi. Saling mencintai nampaknya bukan sesuatu yang cukup untuk menjadi alasan berumah tangga dan tinggal bersama.

Tidak berhenti sampai di situ.

Mud ternyata memiliki seorang kekasih juga yang tidak bersamanya karena dia buron. Dalam usaha bersatu kembali dengan kekasihnya ini, ada saja kendalanya. Ellis berusaha menyatukan dua orang yang saling mencintai ini dengan banyak berkorban, termasuk ngembat barang-barang orang lain. Tetapi dia harus bingung ketika salah satu dari dua orang ini menyerah untuk bersatu. Bagaimana mungkin dua orang yang saling mencintai malah tidak ingin bersama kembali?

Ellis akhirnya mengalami kerumitan cinta itu sendiri. Seorang gadis yang ia suka –dan telah ditunjukkan rasa itu– ternyata menunjukkan rasa yang sama kepadanya. Bahkan telah memberinya –uhuk– ciuman –uhuk. Namun, cerita ini juga tidak berujung membahagiakan.

Ternyata cinta memang penuh intrik dan membingungkan. Ada pengkhianatan. Ada putus asa. Dan ada banyak hal manis lainnya. Cinta memang bukan seperti rumus cinta+cinta=bersama. It is complicated.

Meski dimainkan bukan oleh aktor dan aktris beken, film yang disutradarai Jeff Nichols ini mampu menjelaskan banyak hal dengan baik. Dan jika saya harus memberinya skor, nilainya adalah 8 dari 10.

Mud, rilis 2012
Jeff Nichols – Sutradara
Cast: Matthew McConaughey, Reese Witherspoon, Tye Sheridan, Sam Shepard, Ray McKinnon, Jacob Lofland

One thought on “Film Review: MUD

Leave a comment