Android, Reviews

[Android] App of the Week: UnbelovedHosts – Ultimate Ad Blocker for Android

Iklan, apapun dan di manapun bentuknya, hampir selalu membuat kita kesal. Tidak saja karena mengganggu, tetapi juga karena hadirnya iklan acapkali membuat waktu terbuang percuma. Untungnya, masalah iklan yang tak diinginkan di Android gampang diatasi.

Untuk memunculkan sebuah iklan dalam aplikasi dibutuhkan koneksi ke suatu tempat (host) sehingga iklan tersebut bisa nongol. Logikanya, jika koneksi ke host ini diputuskan maka iklan tak akan lagi muncul.

Meniadakan iklan dengan menggunakan teknik memutuskan koneksi ke host/site telah dilakukan sejak dulu. Dengan memblokir koneksi ke host, kita tidak saja memblokir iklan di level browser atau aplikasi tertentu melainkan di level system. Hal ini menjadikan iklan tak lagi muncul di mana saja baik game, browser maupun aplikasi lainnya.

Sebagian aplikasi pemblokir iklan, seperti AdFree misalnya, melakukan pemblokiran koneksi dengan memodifikasi /system/etc/hosts file dan mengarahkan host iklan tertentu ke localhost, atau 127.0.0.1. Namun, memodifikasi hosts file bukanlah tanpa resiko. Di samping itu mengarahkan koneksi ke local juga tak menghentikan koneksi.

UnbelovedHosts, modul untuk Xposed Framework yang dibuat oleh defim, adalah aplikasi yang melakukan pemblokiran tanpa melakukan modifikasi hosts file. Selain itu, aplikasi ini juga menghilangkan tujuan host, dengan memberikan jawaban “No address associated with the hostname” untuk tujuan host iklan.

UnbelovedHosts memanfaatkan hosts file yang telah ada dari berbagai sumber. Mulai dari PGL, Dan Pollock, MVPS, Cameleon, HostsFile.org dan lain-lain. Semakin banyak sumber semakin banyak iklan yang bisa diblokir.

Oya, selain menghalau iklan dalam aplikasi atau game, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, iklan dalam browser juga akan hilang kecuali pada browser yang menggunakan proxy compression seperti Opera Mobile atau Chrome dengan “reduce data usage” aktif.

Jika Anda telah memiliki Xposed Framework (WSM Tools untuk MIUI), UnbelovedHosts bisa diunduh langsung dari sana. Belum punya Xposed? Download saja.

PS: Xposed Framework maupun WSM Tools membutuhkan akses root. Rooting your device might void your warranty.

Leave a comment